EXPORT WORD TO PDF OFFICE 2016 BERMASALAH, FONT RUSAK


MICROSOFT OFFICE sejak seri 2010 sudah memberikan fitur export dokumen ke PDF, XPS , dll bahkan untuk powerpoint sudah bisa dijadikan video, cuma disini ada masalah muncul di seri office terbaru yaitu 2016, fitur export atau sebut saja convert sesekali mengalami masalah pada font, jadi font saat ditulis dengna WORD setelah dijadikan PDF justru ada sedikit perbedaan, jika diteliti lebih dalam lagi bentuk font seperti lebih tinggi atau lebar per hurufnya lebih kecil. Walaupun tidak selalu begitu tapi yang jelas jika masalah ini muncul akan sangat menjengkelkan.

Kita bisa menggunakan alat lain untuk mengubah word ke PDF bahkan alat online juga banyak, tapi bukankah lebih mudah dan aman menggunakan fitur dari microsoft office langsung ? karena jika dilakukan secara online ditakutkan data penting anda terekam di database mereka, ketika kita mengubah word ke pdf secara online kan kita awalnya akan mengupload dokumen yang ingin dirubah, nah kita tidak tau nasib dokumen itu, apakah hanya digunakan untuk merubah saja atau tesimpan di basisdata mereka.

Cara termudah mengatasi ini tentu saja dengan mengcopy file anda ke office 2013 / 2010 dan lalukan export disana, tapi masalahnya jika anda tidak punya office seri terdahulu pasti cara ini ngga bisa dilakukan, selanjutnya tentu saja dengan mengupdate office 2016 anda karena pasti ada perbaikan-perbaikan penting yang ada, tapi ada masalah lagi nih, Bagaimana jika office anda bajakan ?

Simak solusinya disini, Tapi sebelumnya saya kasih contoh dulu bentuk errornya atau rusaknya gimana. mungkin terlihat tidak ada bedanya tapi kalau anda melihatnya langsung di file pdf bukan screenshot gambar seperti ini akan lebih terlihat letak perbedaannya apalagi jika anda memang rutin ngetik di komputer harusnya tau bedanya apa saja.


Langkah yang bisa dicoba untuk masalah font di office 2016.

1. Simpan dokumen anda (save as), matikan atau restart komputer dan jangan terkoneksi ke internet, ulangi lagi export word to pdf.

2. Jika belum berhasil. Lakukan pengaturan sebelum export, seperti ini


Atau bisa juga ditambahkan seperti ini , buang centang pada kolom yang dikasih kotak merah.


3 . Masih error juga ? gunakan aplikasi pembaca PDF untuk membuat PDF dari file word. Disini saya pakai Foxit Reader.

4. Atau kamu pake fitur PRINT dari office tapi kali ini bukan print ke kertas melainkan print sebagai PDF


Kenapa sih harus PDF dan tidak filw word asli saja ?

1 . PDF mudah dibuka digadget apapun

2. PDF tidak berantakan (susunan huruf, paragraf,header, dll) saat dipindahkan ke laptop apapun dengan sistem operasi apapun, kalau file word kamu bikin dengan office 2013 bisa saja hasilnya berantakan jika dibuka melalui office 2010, atau kalimat jadi tanpa spasi, ini tidak akan terjadi dengan file PDF isitilahnya sudah terkunci.




0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013 OTDWS - CARA TERBARU INTERNETAN All Right Reserved | Powered By: Blogger