2 LANGKAH KENALI GEJALA LAPTOP KOMPUTER TERKENA MALWARE , RANSOMWARE ATAU VIRUS LAIN


Kalau dicermati lagi sebenernya kita bisa dengan mudah loh mendeteksi kalau laptop / PC kita terjangkit penyakit apa tidak , tanda-tandanya pasti ada dan terkhusus belakangan ini lebih marak ke Malware atau Ransomware sejenis software jahat yang terinstall sendiri , tapi ingat yah , maling ngga datang kalau kita juga hati-hati ngga membukakan peluang. datangnya pada virus jenis ini ya karena anda sendiri ceroboh , cermatlah dalam menggunakan internet.

kalau mau download file dipastikan dulu itu file beneran atau tertanam virus , kalo di website kan biasanya ada komen" dari orang lain bisa tuh dijadikan acuan untuk melanjutkan mendownload file atau tidak.

kalau ada email masuk ga jelas , dilihat dulu pengirimnya siapa , kalau anda orang indonesia yang ngga bisa inggris tapi tiba" ada email masuk bahasa inggris , dipikir dulu langkah selanjutnya.

jadi sebenarnya kita tidak perlu terlalu Parno / Paranoid / ketakutan berlebihan sama hal kaya gini , kalau kegiatanmu cuma buka facebook sambil baca-baca status alay ya pasti aman lah.

tapi yang namanya musibah , udah hati" pun kadang masih suka khilaf yah , ngga sengaja tuh malware masuk aja , buat bunuh tuh malware rada susah lagi , kan merepotkan , biasanya yang suka pake crack applikasi nih suka jadi korban. jadi sebelum menyebar berlebih mari kita deteksi dulu.

Tau gambar dibawah ini ?


Atau gambar ini ?


nah 2 barang diatas itu sudah pasti dipaketkan di WIndows kamu , apapun tipenya yang saya tau Windows 7 keatas sih ada semua termasuk windows 10 juga.

yang gambar pertama itu namanya UAC atau User Account Control , mungkin teman" pernah liat begini pas lagi buka aplikasi di komputernya atau pas Run As Administrator.


Sudah tau sekarang ? Perhatikan deh , kalo biasanya anda membuka aplikasi misalnya sebut saja PES 2017 muncul YES NO dari UAC tapi tiba-tiba ngga muncul begitu padahal tidak melakukan apa-apa sebelumnya apalagi tadi habis internetan download file dari website yang iklannya kelewatan banyaknya. harus waspada nih itu tanda pertama laptop kena malware / ransomware atau sebut saja virus.

karena seperti yang sudah disebutkan diatas , virus model ini kebanyakan akan menginstall aplikasi tanpa ijin dari anda , sedangkan sistem UAC sendiri fitur aslinya adalah memberikan pemberitahuan pada anda selaku pemilik komputer untuk mengijinkan atau menolak berjalannya suatu software di komputer anda. gitu.

Sekarang kita melakukan cek apakah UAC sudah terkena wabah penyakit ini.

Cukup gunakan kolom pencarian di komputer anda lalu ketikkan User Account Control



silahkan dibuka saja nanti akan terbuka seperti ini



perhatikan tanda panahnya , untuk normalnya setting dari UAC ada di baris Always Notify (selalu muncul tombol YES NO seperti gambar diatas yg sudah dijelaskan )atau sebaris dibawahnya seperti gambar diatas tadi, tapi kalo tiba-tiba ada dipaling bawah seperti ini , itu gawat.



Nah deteksi pertama sudah ada , biasanya ngga cuma itu , Malware ini akan mengunci juga fitur Windows Defender , entahlah ini Antivirus bawaan windows sebenernya cukup bagus , ringan dan sering update tapi entah kenapa lemah banget gampang kena lock , mungkin karena kebawa sama sistem operasinya.

Defender yang tadinya bisa dibuka , hampir pasti sekarang tidak bisa terbuka dan biasanya sih tampil begini (bisa juga tampilan lain yang intinya Windows Defender ngga berfungsi normal) , sudah klik Turn On tetep aja ga bisa , kan j4ncuk banget.


kalau udah kena 2 diatas sih mending langsung di basmi saja , atau mau cek lagi ? coba lihat di Control Panel bagian Uninstall Program , ada applikasi / software yang sebelumnya tidak ada tapi jadi ada ? masih banyak hal kampret lainnya lah.

atau pas internetan suka nongol iklan sendiri , atau pas mau buka google malah dialihkan ke website ngga jelas lain , macem" lah jenis virus itu.

Cara atasinya tentu dengan Antivirus dong biar gampang , untuk AV yang sudah kondang seperti AVG , ESET , dll bisa dipakai sih kan disana juga ada alat keamanan lain , tapi entah kenapa kalo yang masuk di kompi kita itu Malware-Malware suka terlepas aja gitu , apa karena antivirusnya saya pakai Creck ? 😆

banyak fitur memang disana , tapi kalau kamu bukan bisnis man yang sibuknya sekelas pak Mark Zuckerberg atau kamu mau AV yang ringan tapi fokus ke pembasmian malware , ransomware , dan sodaranya , pilihannya ada beberapa yang pernah saya coba meskipun kelasnya belum perusahaan gede tapi mereka ini cukup tangguh dan sistemnya terfokus, tapi ingat untuk membasminya secara permanen dan langsung tuntas agak susah , makanya di setiap antivirus ada fitur deteksi realtime , jadi mereka akan kerja secepat kilat jika ada ancaman masuk langsung di scan.

anda bisa pilih saja mau pakai yang mana , misalnya

1. Zemana Anti Malware (Baca disini - http://www.otdws.com/2017/01/cara-paling-mudah-hilangkan-virus.html) tapi agan ribet kalo scan harus konek mungkin biar tetap up to date , tapi pas internet mati otomatis scan mati.

2. MalwareBytes - Cukup terkenal , pernah saya pakai , cukup ampuh tapi versi gratisnya cukup membuat kecewa kayaknya.

3. Hitman Pro - Kerjanya setiap PC baru nyala , komputer nyala butuh koneksi beberapa KB langsung Scanning. masalanya kalo nemu ada ancaman virus pasti disuruh restart lagi komputernya.

4. SUPERAntiSpyware , setelah mencoba 3 diatas , saya pikir nomer 4 ini yang terbaik dan masih saya pakai sampai saat ini , tampilan aplikasinya ngga bagus amat sih yang penting kan kekuatannya itu. lebih berfokus ke program program apapun yang berbahaya terinstall ngga sengaja langsung di scan , aplikasi ukuran sedang tampilan biasa saja jadi ketika melakukan Realtime Scan ngga terlalu ngaruh ke aktifitas multitasking anda.

karena masalah saya belakangan lebih ke Malware Browser , Iklan , dll yang cukup menganggu dengan Superantispyware sampai sekarang belum ada gejala itu lagi , sedangkan Windows Defender biarkan bekerja untuk membasmi virus merk lainnya. jangan lupa terus update dan usahakan untuk membelinya yah kalo antivirus itu , jangan crack ,

dan juga kalau antivirus kelas menengah seperti ini hampir semuanya bisa diduetkan dengan antivirus lain jika di install bersamaan di komputer yang sama , seperti saya diatas kan SAS digabung dengan Win. Defender, beda kisah kalo anda install antivirus AVIRA sama AVAST berbarengan , rusak ntar malah.

kalau anda tidak puas dengan defender dan butuh keamanan lebih khususnya soal data , silahkan saja duetkan antivirus menengah ini dengan AV pihak ke tiga seperti avira , avg , eset , dll dan bisa di turn of kan saja win defendernya.

jangan lupa terus update windowsnya dan jangan download aneh aneh , bedain dulu tombol yang iklan sama tombol download yang beneran biar ngga gampang kena ransomware , malware atau virus lain.

Salah satu jenis virus yang tidak kalah merusak adalah virus sality , kalau ngga salah inget sih yang ini ngga minta dibayar tapi hampir semua program di komputer tidak bisa dibuka , sebelum kena silahkan dibaca solusinya , saya sudah 3 kali kena sality dulu waktu masih suka aneh" di internet - http://www.otdws.com/search?q=sality

Sekian saja yah , terima kasih sudah membaca.

Tanda awal laptop terkena malware


0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013 OTDWS - CARA TERBARU INTERNETAN All Right Reserved | Powered By: Blogger