3 CARA TERMUDAH ATASI SMARTPHONE ANDROID YANG CEPAT PANAS



Masalah Handphone android cepat panas , kalau pas jaman dulu ada hp panas pasti incarannya ke baterai , masalahnya era handphone masa itu telah usai , kini masalah pengguna yang mengeluhkan panas pada handphonenya justru bukan pada baterainya tapi awalnya pada prosesornya.

ketika kita mencarinya di google , daftar smartphone pertama yang jadi perbincangan adalah Asus Zenfone , ya , seakan masalah panas berlebih ini hanya jadi milik Zenfone saja , padahal jenis hp samsung ada juga yang cepat panas , lalu apa saja sih yang jadi masalah dan solusinya gimana biar hp android kita tidak cepat panas ? simak pengamatan otakdewasa.com dibawah ini









1. Jenis prosesor pada android

Dikutip dari http://oketekno.com/8224/macam-macam-processor-di-smartphone-dan-deskripsinya.html dijelaskan bahwa ada beberapa jenis prosesor android yang cukup populer yaitu 

- Exynos

exynosProsesor Exynos ini dikembangkan dibawah naungan perusahaan Samsung Electronics. Prosesor ini dibangun dengan basis System on a Chip (SoC) yang memang dikhususkan untuk perangkat mobile, seperti Smartphone dan Tablet. Prosesor Exynos ini banyak dipasarkan dengan berbagai jenis yang memiliki beda spesifikasi. Misalnya pada keluaran pertamanya, pihak Samsung Electronics mengeluarkan Exynos 3110 atau hummingbird. Pernah denger nggak prosesor dengan jenis itu ? prosesor jenis ini memang jarang dijumpai pada perangkat – perangkat cerdas jaman sekarang karena sudah digantikan dengan prosesor – prosesor keluaran terbaru. Kelebihan prosesor ini adalah dibidang game dan kinerja multitaskingnya.

- Tegra

Prosesor yang kedua ini yakni Tegra. Prosesor ini dikeluarkan oleh pihak NVIDIA. Prosesor product nvidia ini dikabarkan memang sangat berkembang dikarenakan teknologinya yang lebih dulu menggunakan teknologi quad-core dimana pada saat yang hampir bersamaan , produsen lain masih gencar dengan teknologi dual-core. Prosesor tegra ini adalah NVIDIA Tegra 3 dimana memiliki keunggulan didalam visualisasi yang apik dengan konsumsi daya yang tidak besar. NVIDIA biasanya memang digunakan pada PC yang memang digunakan untuk game, jadi mungkin itu juga tidak jauh dari kinerja NVIDIA tegra untuk Smartphone ini.

- Snapdragon
snapdragon
Prosesor jenis ini sering kali tampil pada dapur pacu Smartphone pada saat ini, mungkin anda juga sering menjumpainya tetapi belum mengetahui lebih detail tentangnya. Banyak kabar yang menyebutkan bahwa prosesor Qualcomm ini memliki kinerja yang bagus dibanding dengan yang lain, karena dapat terlihat pada saat ini banyak sekali Smartphone yang menggunakan CPU jenis ini. Mungkin prosesor ini dapat memberikan kinerja yang baik untuk device serta memiliki beberapa teknologi yang dapat memberikan banyak efek positif pada Smartphone atau Tablet.


-  MediaTek

Prosesor jenis ini adalah hasil produksi dari perusahaan MediaTek atau yang lebih dikenal dengan MTK yakni perusahaan yang menjual komponen untuk perangkat komunikasi nirkabel. Alasan mengapa CPU jenis ini banyak digunakan, karena disamping harga nya yang relative murah, prosesor MediaTek ini memiliki kemampuan kerja yang tidak diragukan lagi dibanding yang lain.

dan beberapa jenis prosesor lainnya termasuk Intel Atom yang biasa digunakan smartphone kualitas menengah bahkan level atas , prosesor intel ini juga ga cuma satu jenis saja buat smartphone , nah di asus zenfone ini juga banyak mengeluhkan masalah panas berlebih untuk tipe Zenfone yang menggunakan prosesor intel , lalu apakah ini sudah pasti kalo prosesor Jenis Intel Atom yang di tanamkan di android seperti Asus Zenfone ini adalah produk bermasalah yang cepat panas ? kalau begitu solusinya buat anda yang punya dana lebih bisa pindah ke smartphone dengan prosesor lalu seperti Qualcomm Snapdragon , tapi hati-hati juga pernah saya baca ada jenis prosesor qualcomm ini juga cepat panas , tapi ini hanya sebagian kecil dari banyaknya jenis produk mereka.

yang jelas , ada harga ada kualitas , ada baiknya ambil informasi lebih banyak sebelum membeli khususnya buat yang punya dana minim.

2. Panas akibat sinyal lemah

Masalah ini benar" nyata adanya dan jadi salah satu faktor paling utama penyebab android kita cepat panas , selain di urutan kedua adalah menggunakan android untuk kerja berat seperti gaming dan multitasking yang super banyak.

untuk masalah sinyal lemah bisa pudar begitu saja ketika anda menggunakannya di daerah perkotaan yang punya kualitas jaringan sangat baik , hal ini saya rasakan sebagai pengguna Asus Zenfone juga , saya tinggal di 2 daerah yang satu perkotaan dan satu saat mudik di perkampungan dengan jangkauan 3G (HSDPA) termudah masih jadi milik indosat , bahkan telkomsel pun kadang susah.

masalahnya adalah saya pengguna Axis dan 3 karena murah pilihan paketnya

Baca Juga :

PROMO PAKET INTERNET UNLIMITED TERBARU SUPER MURAH DARI AXIS (XL)

nah untuk kedua operator tersebut , jangkauan sinyal lumayan susah saat saya berada di dalam rumah , alhasil yang terjadi ketika saya mengaktifkan mode jaringan ditambah aktifkan data seluler yang ada nih hp selalu dalam kondisi panas bahkan saat layar mati , kecuali ditaruh di atas lantai keramik maka kondisi bisa stabil , ini terjadi karena si hp terus mencari jaringan alias sinyal terbaik , karena terus bekerja inilah membuat hp terus berpanas ria.

solusi saat saya mudik adalah mematikan data seluler saat tidak penting atau bahkan jalankan mode pesawat , paling simple sih ganti kartu ke jaringan yang kuat , biasanya biar ga cepat panas saya internetan pake wifi dirumah saja bukan dengan data seluler karena kondisi dirumah sinyal susah.

ini cukup berbeda  ketika saya berada di perkotaan dengan jangkauan sinyal full semua , untuk mode stand by biasanya saat saya mau tidur , sengaja saya alihkan data seluler ke mode EDGE , selain lebih hemat data tentunya hp akan tetap dalam kondisi dingin atau paling tidak ya cuma hangat ga sampai panas , karena kondisi jaringan sebenarnya android saya berada di jaringan 3G / HSPA tapi saya aktifkan di jaringan bawahnya yaitu edge dalam arti lain hp saya ga butuh cari sinyal lagi.

sedangkan panas karena game dan aplikasi berlebih yang tidak anda tutup terus hp panas ya wajar , penggunaan anda sangat berlebihan kecuali jika spesifikasi hp anda tinggi.

3. Kondisi ruangan yang kita tempati

jika ruangan anda saat ini dingin dan Ber-AC saya rasa keluhan semacam ini hampir tidak ada , udara dingin dari AC ini membuat kondisi ruangan terjga dan pasti akan berefek langsung ke smartphone kita.

jika tidak ada AC , gunakan kipas angin atau cooling pad laptop , taruh saja hp diatasnya sebentar saat kondisi mulai panas.

gunakanlah juga aplikasi pendingin untuk android , aplikasi ini akan menutup aplikasi lainnya yang sudah tidak anda gunakan tapi masih berjalan di latar belakang sehingga membuat multitasking anda terlalu banyak, setelah di tutup semua biarkan android anda beristirahat sejenak , taruh di keramik atau kipas angin dll.

saya rasa untuk urusan panas masalahnya ada di 3 penjelasan diatas , kini kembali lagi ke cara penggunaan anda , hp mahal pun juga akan tetap panas kalau penggunaan salah dan mengakibatkan panas berlebih alias overheating

Perlu di garis bawahi bahwa saat anda sudah berada di mode pesawat , saat kondisi ruangan dingin dan layar hp mati tidak digunakan tapi saat sudah didiamkan cukup lama dan hp tetap panas , maka segeralah ke tukang service ya ..




0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013 OTDWS - CARA TERBARU INTERNETAN All Right Reserved | Powered By: Blogger